Sunday, August 26, 2007

TIME MANAGEMENT (TRIK)


Rencana berantakan, pekerjaan kalang kabut dan klien uring-uringan ?

Stop, atur dulu diri kita sendiri. Baru kemudian melangkah dengan penuh percaya diri.


Kunci utama agar semuanya berjalan mulus adalah:


  1. Rencanakan langkah dengan matang. Apapun yang akan kita lakukan, rencanakan semuanya dengan matang. Begitu tiba pada hari H kita tinggal menjalaninya dengan perubahan-perubahan yang telah kita antisipasi sebelumnya.

  2. Sesuai prioritas. Mungkin saja di suatu saat kita dihadapkan pada 2 atau 3 situasi yang berbarengan datangnya. Tak usah bingung. Kita perlu memprioritaskan mana yang harus kita tangani terlebih dahulu. Dengan cara ini pikiran kita juga bisa terfokus pada hal-hal yang paling penting.

  3. Buatlah jadwal. Kedengarannya terlalu sok sibuk, namun jadwal memang kita perlukan agar pekerjaan kita lebih rapi dan tertangani dengan sempurna. Jangan lupa juga membuat antisipasi jika yang terjadi di lapangan tak sesuai dengan jadwal kita.

  4. Delegasikan. Mendelegasikan tugas adalah cara yang paling bijaksana untuk memperoleh kesempurnaan dalam langkah kita. Beri kepercayaan pada bawahan kita walaupun kita adalah tipe yang tidak mudah untuk memberikan kepercayaan kepada orang lain, namun jika kita telah membekalinya dengan pengetahuan-pengetahuan yang berhubungan dengan pekerjaaannya, hal ini akan meringankan tugas kita.

  5. Bangun lebih pagi. Ada saatnya bangun sedikit lebih pagi untuk menyelesaikan tugas-tugas yang masih tersisa bisa membuat tugas kita seharian bisa lebih ringan. Apalagi, kalau jadwal tidur kita cukup, artinya kita juga tidak tidur kelewat malam,

  6. Coret yang kurang perlu. Ada situasi dimana kita terlalu banyak tugas. Periksa lagi dengan teliti beberapa hal yang bisa kita tunda agar kita bisa fokus pada tugas yang benar-benar penting saat ini.

  7. Bugarkan diri kita. Saat kita merasa fit dan bugar, kita akan bisa menyelesaikan semua yang ada dipangkuan kita pada hari ini juga. Itu artinya, kita harus rutin berolahraga dan menjaga pola makan agar tetap sehat.

  8. Sederhanakan langkah kita. Diskusikan tugas atau langkah kita sebelumnya dengan rekan-rekan atau anggota keluarga terdekat. Mungkin ada ide dari mereka yang bisa menyederhanakan langkah kita. Ini akan membuat kita bisa menghemat waktu serta tenaga.

Silahkan mencoba.. saya sudah lakukan dan hasilnya wow..

No comments:

JUST ASKING !

Apa yang akan terjadi apabila kita mengikat roti mentega di punggung kucing dan menjatuhkannya dari meja ? Roti atau kaki kucing yang terlebih dahulu menyentuh lantai?

ARTICLE

"Telling others is the key to changing your wishes into dreams."

You know that "dream" you have?
The one that nobody else knows about?
That isn't a dream. It is a wish! We all have things we secretly wish would happen.

But those aren't dreams. In order to change that wish into a dream, you have to tell somebody about it!

That gets it out into the realm of something you are actually pursuing, rather than something you are just hoping or wishing for.

"But what do I do, just walk up to somebody and say, 'Hey, want to hear my dream?'"

Well, sure, that works. But you could also start the conversation by saying, "I have a question for you: What is your dream?"

Two things will happen. One, you will foster their wish into a dream and secondly, when they finish, they will say, "So, what's yours?" BINGO!

Action Point:
Have at least two conversations today about your dream. Then do the same tomorrow and the next day - with different people!